PROTEIN

MANFAAT KANDUNGAN PROTEIN PADA UDANG *)
Oleh : Eka Rahma Yulia Arifiyani **)

Protein adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.

Dalam kehidupan protein memegang peranan yang penting pula. Proses kimia dalam tubuh dapat berlangsung dengan baik karena adanya enzim, suatu protein yang berfungsi sebagai biokatalis. Disamping itu hemoglobin dalam butir-butir darah merah atau eritrosit yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh bagian tubuh, adalah salah satu jenis protein. Disamping digunakan untuk pembentukan sel-sel tubuh, protein juga dapat digunakan sebagai sumber energi apabila tubuh kita kekurangan karbohidrat dan lemak. Protein mempunyai molekul besar dengan bobot molekul bervariasi antara 5000 sampai jutaan. Ada 20 jenis asam amino yang terdapat dalam molekul protein. Asam-asam amino ini terikat satu dengan yang lain oleh ikatan peptide.protein mudah dipengaruhi oleh suhu tinggi, PH, dan pelarut organic.

Protein sendiri mempunyai banyak sekali fungsi di tubuh kita. Pada dasarnya protein menunjang keberadaan setiap sel tubuh, proses kekebalan tubuh. Setiap orang dewasa harus sedikitnya mengonsumsi 1g protein per-kg berat tubuhnya. Kebutuhan akan protein bertambah pada perempuan yang mengandung dan atlet-atlet.

Kekurangan Protein bisa berakibat fatal:
 Kerontokan rambut (Rambut terdiri dari 97-100% dari Protein – Keratin)
 Yang paling buruk ada yang disebut dengan Kwasiorkor, penyakit kekurangan protein. Biasanya pada anak-anak kecil yang menderitanya, dapat dilihat dari yang namanya busung lapar, yang disebabkan oleh filtrasi air di dalam pembuluh darah sehingga menimbulkan odem.Simptom yang lain dapat dikenali adalah:
o hipotonus
o gangguan pertumbuhan
o hati lemak
 Kekurangan yang terus menerus menyebabkan marasmus dan berkibat kematian.

Kelebihan Protein.
Protein secara berlebihan tidak menguntungkan tubuh. Makanan yang tinggi proteinnya biasanya tinggi lemak sehingga dapat menyebabkan obesitas. Diet protein tinggi yang sering dianjurkan untuk menurunkan berat badan kurang beralasan. Kelebihan dapat menimbulkan masalah lain, terutama pada bayi. Kelebihan asam amino memberatkan ginjal dan hati yang harus memetabolisme dan mengeluarkan kelebihan nitrogen.
Kelebihan protein akan menimbulkan asidosis, dehidrasi, diare, kenaikan amoniak darah, kenaikan ureum darah, dan demam. Ini dilihat pada bayi yang diberi susu skim atau formula dengan konsentrasi tinggi, sehingga konsumsi protein mencapai 6 g/kg BB. Batas yang dianjurkan untuk konsumsi protein adalah dua kali angaka kecukupan gizi (AKG) untuk protein.

Protein juga memiliki rantai yang panjang dan juga dapat mengalami cross-linking dan lain-lain. Selain itu protein juga dapat berperan sebagai biokatalis untuk reaksi-reaksi kimia dalam sistem makhluk hidup.

Adapun Fungsi dari Protein :
1) Enzim
Protein yang paling bervariasi dan mempunyai kekhususan tinggi adalah protein yang mempunyai aktivitas katalis, yakni enzim. Hampir semua reaksi kimia biomolekul organik didalam sel dikatalis oleh enzim. Lebih dari 2000 jenis enzim , masing-masing dapat mengkatalisa reaksi kimia yang berbeda, telah ditemukan dalam berbagai bentuk kehidupan.

2) Protein Transport
Protein transport didalam plasma darah mengikat dan membawa molekul atau ion spesifik dari satu organ ke organ lain. Hemoglobin pada sel darah merah mengikat oksigen ketika darah melalui paru-paru, dan membawa oksigen ke jaringan periferi. Plasma darah mengandung lipo protein. Yang membawa lipid dari hati ke organ lain. Protein transport lain terdapat didalam membran sel dan menyesuaikan strukturnya untuk mengikat dan membawa glukosa, asam amino dan nutrien lain melalui membran menuju kedalam sel.

3) Protein Nutrien dan Penyimpan
Biji berbagai tumbuhan menyimpan protein nutrien yang dibutuhkan untuk pertumbuhan embrio tanaman, terutama protein biji dari gandum, jagung dan beras.

4) Protein Kontraktil atau Motil
Beberapa protein memberikan kemampuan kepada sel organisme untuk berkontraksi, mengubah bentuk atau bergerak. Aktin dan miyosin adalah protein filamen yang berfungsi didalam sistem kontraktil otot kerangka dan juga didalam banyak sel.

5) Protein Stuktur
Banyak protein yang berperan sebagai filamen, kabel, atau lembaran penyanggah untuk memberikan struktur biologi, kekuatan atau proteksi. Komponen utama dari urat dan tulang rawan adalah protein serabut kolagen yang mempunyai daya tegang yang amat tinggi. Hampir semua komponen kulit adalah kolagen murni.

6) Protein Pertahanan
Banyak protein yang mempertahankan organisme dalam melawan serangan oleh spesies lain atau melindungi organisme tersebut dari luka. Imunoklobulin atau antibodi pada vertebrata adalah protein khusus yang dibuat oleh limposit yang dapat mengenali dan mengendapkan atau menetralkan serangan bakteri, virus atau protein asing dari spesies lain. Fibrinogen dan trombin merupakan protein penggumpal darah yang menjaga kehilangan darah jika sistem pembuluh terluka, bisa ular, toksin bakteri, dan protein tumbuhan beracun seperti risin.

7) Protein Pengatur
Beberapa protein membantu mengatur aktivitas seluler atau fisiologi. Diantara jenis ini terdapat sejumlah hormon, seperti insulin, yang mengatur metabolisme gula dan kekurangannya, menyebabkan penyakit diabetes, hormon pertumbuhan dari pituitary dan hormon paratiroid, yang mengatur transport Ca++ dan fosfat juga. Represor mengatur biosintesa enzim oleh sel bakteri

Kandungan Nutrisi dan Manfaat pada Udang
Udang
Berbagai macam jenis udang-udangan (udang, lobster, rajungan, kepiting) adalah binatang yang hidup di perairan darat (tawar) dan laut (asin). Keduanya sama-sama biasa ditangkap dan khusus udang sudah diternakkan sebagai bahan makanan bernutrisi tinggi.
Udang telah diolah menjadi bahan berbagai masakan lezat dan gurih. Bahkan jenis udang besar juga sudah sering digunakan untuk menggantikan lobster yang sama-sama bangsa crustacea. Namun tentunya penyajian berbagai jenis masakan udang juga berpengaruh terhadap kandungan nutrisinya. Seperti halnya seafood lainnya, udang kaya akan kalsium dan protein. Jadi udang termasuk dalam sumber protein hewani.
Kandungan protein udang dikategorikan sebagai “complete protein” karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap, dan sekitar 85-95 persen proteinnya mudah dicerna tubuh. 100gr udang mentah mengandung 20,3gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41%.
Asam Amino
Asam Amino Udang (per 100gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah Asam gulamat (3465 mg), Asam aspartat (2100 mg), Arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glysine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.
Rendah kalori
Kalori udang yang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100gr udang) menjadikannya salah satu makanan diet yang paling baik. Udang juga hanya mangandung sedikit asam lemak jenuh. Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu omega-3 dan omega-6 masing-masing mencapai 540mg dan 28mg per-100gr udang segar.
Mengkonsumsi udang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi udang.
1. Menjaga Kesehatan Jaringan Tubuh
Udang kaya akan protein yang berperan penting dalam membentuk sel-sel baru dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Protein berguna dalam pembentukan sel-sel tubuh baik pada jaringan dalam tubuh, maupun pada jaringan luar seperti kulit, rambut, dan kuku.
2. Mengurangi Resiko Kanker
Mengkonsumsi udang dapat mengurangi resiko kanker karena udang kaya akan mineral selenium yang merupakan antioksidan berkhasiat mencegah mutasi sel akibat radikal bebas. Satu porsi udang (113,40 gram) mengandung selenium sekitar 45 mikrogram yang setara dengan 64,2% kebutuhan harian selenium yang direkomendasikan.
3. Menjaga Mood
Udang kaya akan tryptophan yang merupakan bahan baku penyusun serotonin. Serotonin adalah senyawa yang mempengaruhi mood seseorang. Satu porsi udang (113,40 gram) mengandung sekitar 0,33 gram tryptophan . Nilai ini setara dengan 103% kebutuhan harian tryptophan yang direkomendasikan.
4. Mengurangi Resiko Anemia
Mengkonsumsi udang bisa menurunkan resiko anemia (kurang darah). Udang adalah sumber vitamin B12 dan zat besi yang sangat memadai. Vitamin B12 dan zat besi diperlukan tubuh untuk membuat sel-sel darah merah.
5. Menyehatkan Otak
Udang mengandung bahan yang disebut kolin yang merupakan nutrisi penting bagi otak. Makan udang dapat membantu menyediakan nutrisi otak sehingga menjaga kesehatan dan fungsi otak.
6. Menjaga Kesehatan Kulit
Udang mengandung astaxanthin yang merupakan karotenoid. astaxanthin bermanfaat menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit terhadap penuaan dini (premature aging).
7. Menjaga Laju Metabolisma
Laju metabolisma yang tinggi membuat tubuh efektif mencerna makanan untuk menghasilkan energi. Udang mengandung vitamin B3 (niacin) berperan penting dalam proses pencernaan karbohidrat, lemak, dan protein untuk menghasilkan energi. Udang juga mengandung tembaga dan yodium yang menjaga kesehatan kelenjar tiroid yang membantu mengendalikan laju metabolisma tubuh.

8. Menjaga Kepadatan Tulang
Makan udang bisa membantu menjaga kepadatan tulang. Udang mengandung mineral fosfor yang diperlukan dalam pembentukan tulang.
Manfaat Udang untuk Kesehatan
Beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi udang antara lain ;
1. Menjaga kesehatan kardiovaskuler ( jantung ) karena kandungan asam lemak esensialnya akan menurun kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan kepingan darah atau ateroskeloris.
2. Memenuhi kebutuhan protein dengan asam amino berprofil lengkap yang mudah diserap tubuh. Baik dikonsumsi bagi anda yang ingin menambah massa otot.
3. Sangat cocok untuk menu diet karena tinggi protein dan rendah kalori.
4. Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena sebagai kandungan vitaminnya.
5. Sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan fungsi keseluruhan tubuh, anti radikal bebas penyebab 50 macam penyakit degeneratif dan membantu produksi antibodi dengan kandungan selenium yang sangat tinggi.
6. Membantu bekerjanya lebih dari 70 macam enzim, hormon, dan proses biosintesa dalam tubuh dengan kandungan zinc-nya.
7. Mencegah penyakit Anemia dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan besi dan zinc-nya yang tinggi.
8. Menjaga kesehatn mata dengan kandungan vitamin A.
9. Menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin E dan niasin yang tinggi. Serta menjaga kesehatan tulang, gigi dan sendi dengan kandungan vitamin D.

Nah, itulah beberapa kandungan nutrisi udang dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Namun perlu diingat, meskipun udang mengandung banyak gizi udang juga dapat menyebabkan alergi. Jadi buat anda yang alergi dengan udang, jangan coba-coba untuk mengkonsumsinya.

PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Protein
http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/08/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-udang.html
http://sportindo.com/special/turunkankolesterol/Udang-Kaya-Protein-dan-Rendah-Kalori.html
http://binbask.blogspot.com/2013/04/makalah-protein.html

* ) Tugas mata kuliah BIOKIMIA. Dosen Pengampu Bapak SUWASIS HADI.
**) Eka Rahma Yulia Arifiyani prodi biologi FKIP, UNMUH Surabaya semester 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s